Inilah Berbagai Manfaat Jengkol yang Mungkin Anda Belum Tahu

manfaat Jengkol

Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap. ternyata Jengkol memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya mungkin anda belum tahu

1. Menangkal Radikal Bebas

Jengkol kaya akan berbagai macam vitamin, diantaranya vitamin A, B1, B2, dan C. Di mana, vitamin-vitamin tersebut punya peranan yang baik dalam menangkal radikal bebas.

2. Mencegah Diabetes

Bicara mengenai khasiat jengkol untuk diabetes, maka mengkonsumsi jengkol adalah hal yang sangat baik. Sebab, diketahui jengkol tak memiliki kandungan yang terkait dengan gula, sehingga cocok sekali buat Anda yang ingin menurunkan kadar gula di tubuh Anda.

3. Menguatkan Tulang dan Gigi

Salah satu kelebihan jengkol adalah memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Di mana, kalsium tersebut sangat bermanfaat dalam membantu pembentukan tulang dan gigi, sekaligus menguatkannya. Jadi, apa bila Anda bosan atau kurang suka minum susu, Anda bisa memvariasikannya dengan mengkonsumsi jengkol.

4. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Selain dapat mengatasi masalah sembelit, manfaat jengkol untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah bayi lahir cacat. Hal ini dikarenakan jengkol kaya akan asam folat yang memang sangat bermanfaat bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

5. Menyehatkan Mata

Bagi Anda yang ingin memiliki mata yang sehat, tidak ada salahnya jika Anda mulai mengkonsumsi jengkol. Sebab, seperti yang telah kami sampaikan pada poin pertama, bahwa jengkol mengandung vitamin A. Yang mana, kandungan vitamin A pada buah jengkol tergolong cukup tinggi, sehingga sangat baik bagi kesehatan mata Anda.

6. Mengatasi Anemia

Manfaat jengkol lainnya adalah mengatasi anemia atau kurang darah. Mengapa bisa begitu? Sebab, jengkol ternyata mengandung zat besi yang diketahui mampu mengatasi dan mencegah terjadinya kekurangan produksi sel darah merah di tubuh Anda. Oleh karena itu, ketika gejala anemia menyerang Anda, segeralah mengkonsumsi jengkol.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mampu melancarkan peredaran darah, jengkol juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, di dalam buah jengkol kaya akan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi jantung dan tubuh Anda dari serangan racun (toksin) berbahaya.

Demikianlah sekilas info mengenai “Rahasia Tersembunyi Di Balik Manfaat Jengkol yang Luar Biasa”. Walaupun jengkol sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia, tapi tetap perlu kami ingatkan, khususnya bagi Anda yang mengalami gangguan fungsi ginjal dan asam urat, sebaiknya hindari mengkonsumsi jengkol. Selain itu, jangan makan jengkol secara berlebihan, sebab Anda bisa mengalami keracunan akibat hal tersebut. Takaran mengkonsumsi jengkol yang dianjurkan adalah 3 sampai 10 gram/hari. Semoga bermanfaat, salam sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *